Posted on 24 Mar 2022

Mesin percetakan yang diciptakan oleh perusahaan mengalami perkembangan yang sangat pesat. Hal tersebut dipengaruhi oleh kebutuhan dunia percetakan yang semakin meningkat. Banyaknya masyarakat yang ingin mencetak sesuatu membuat usaha percetakan makin laris. Demi kelancaran usaha maka, perusahaan percetakan menyediakan variasi jenis mesin percetakan untuk dapat digunakan di berbagai jenis usaha percetakan berikut beberapa diantaranya :

1. Mesin Digital Printing

Mesin digital printing merupakan sebuah alat yang digunakan untuk percetakan dengan menggunakan proses teknologi untuk memindahkan desain dalam komputer pada sebuah media lain. Lebih sederhananya adalah untuk menghasilkan cetakan dengan menggunakan mesin digital printing cukup menyiapkan desain yang telah dipindahkan pada koputer. Kemudian dengan menggunakan komputer yang terhubung pada mesin printing maka proses percetakan dapat dikerjakan. Tak heran jika mesin digital printing saat ini banyak digunakan dalam dunia percetakan khusus nya percetakan dengan skala rumahan.  Terlebih dengan kinerja yang lebih efektif dan menghemat waktu membuat pekerjaan menjadi lebih cepat dan lebih mudah. Mesin digital printing sangat cocok digunakan untuk kebutuhan percetakan yang mendesak.

Keunggulan Digital Printing

  • Proses Mengubah Desain Sangat Mudah

Ketika konsumen ingin mengubah desain yang ingin dicetak, maka Anda dapat dengan mudah memproses-nya. Selama belum mencetak-nya, bahan desain yang digunakan bisa Anda ubah sesuai keinginan, lain halnya jika menggunakan mesin offset apabila ada perubahan desain harus mengganti plat yang digunakan.

  • Biaya Produksi Murah

Untuk  mencetak digital jauh lebih murah dibandingkan dengan teknik konvensional. Teknik mesin ini sangat cocok bagi yang ingin mencetak brosur, atau media lain untuk kebutuhan promosi. Pasalnya, teknik ini jauh lebih hemat biaya karena biaya produsinya juga terjangkau.

  • Proses Cetak Yang Mudah

Dengan menggunakan mesin digital siapapun bisa mempelajarinya tanpa harus mempunyai keahlian khusus karena dapat dengan mudah dioperasikan, jika dibandingkan dengan mesin offset yang membutuhkan orang dengan keahlian khusus untuk dapat mengoperasikannya.

2. Mesin Flexo

Mesin Flexo merupakan meisn yang digunakan untuk label kelas premium namun dengan volume pemesanan yang relatif jauh lebih besar. Selain itu, mesin Flexo ini sendiri memiliki fitur tambahan lain seperti fitur cold foil dan cast & cure untuk memberikan daya tarik tersendiri pada cetakan label, fitur print on adhesive dan print on booklet yang saat ini kerap dimanfaatkan sebagai salah satu alternatif kebutuhan security label.mesin Flexo dapat melayani semua segmen industry dengan jumlah order yang besar.

Keunggulan Mesin Flexo

Dengan mesin flexo kita dapat mencetak dengan skala kecil, sealin itu dengan mesin ini juga kita dapat   menggandakan dokumen secara rangkap dengan ukuran dokumen yang besar pun bisa masuk di mesin ini, begitu juga dengan waktu pengerjaan akan lebih cepat jika dibandingkan dengan mesin digital printing.

3. Mesin rotogravure

Mesin rotogravure merupakan salah satu jenis mesin cetak yang digunakan untuk mencetak media yang terbuat dari baha bahan fleksibel seperti aluminium, kertas, PVC dan berbagai jenis plastik lainnya. mesin ini menggunakan acuan berupa silinder yang berputar yang kemudian gambar dan tulisan diperoleh dari implementasi hasil ukiran. Selain itu mesin ini  berbeda dengan mesin offset mesin ini warna yang umum digunakan yaitu CMYK

Keunggulan Mesin Rotogravure

Dengan teknologi yang ada pada  mesin rotogravure pengerjaan dapat berjalan lama dengan operasi volume besar tanpa  merusak dan menurunkan kualitas gambar yang diproduksi, tidak hanya itu dengan dengan kualitas yang tinggi mesin ini dapat menghemat biaya cetak sehingga produk yang dihasilkan lebih murah.

4. Mesin Offset

Mesin offset merupakan jenis mesin yang umumnya digunakan oleh perusahaan dibidang percetakan mesin menggunakan plate untuk dapat mencetak sebuah produk. Mesin offset sendiri memiliki berbagai macam ukuran dari mesin offset kecil, mesin offset sedang, ataupun mesin offset besar. Dengan mesin ini kita dapat mencetak bebagai kebutuhan cetak dengan kualitas yang berkualitas, mesin ini khusus digunakan untuk mencetak dalam jumlah yang lebih besar karena biaya produksinya lebih murah jika dibandingkan dengan mesin digital.

Keunggulan Mesin Offset

  • Biaya Cetak Lebih Terjangkau

Dengan jumlah cetak dengan kuantitas besar dapat menekan biaya produksi yangakan dikeluarkan sehingga keuntungan dapat diperoleh secara maksimal. Bagi Anda pengguna jasa cetak juga akan sangat diuntungkan, karena biaya cetak dalam jumlah banyak menggunakan mesin offset jauh lebih murah jika dibandingkan dengan biaya cetak menggunakan mesin digital printing.

  • Kualitas Cetak Tinggi

Offset printing lebih mudah untuk menghasilkan produksi gambar yang tajam dan bersih. Tentu file desain yang digunakan harus mendukungnya juga. Tidak mungkin teknik cetak manapun bisa menghasilkan cetakan berkualitas, jika file desain memiliki resolusi rendah.

  • Waktu Produksi  Bisa Lebih Cepat

Dengan mesin offset waktu mencetak dapat lebih cepat jika dibandingkan dengan mesin digital selain itu mesin cetak offset juga menawarkan berbagai pilihan jenis kertas lebih banyak. Bahkan bisa untuk kertas gramasi kecil seperti NCR dan HVS hingga kertas gramasi tinggi seperti kertas karton.