Posted on 06 Jun 2022

Hari jadi kota Surabaya jatuh pada tanggal 31 Mei 2022. Namun, serangkaian acara untuk memperingati hari jadi tersebut sudah dimulai pada awal Mei. Berikut beberapa serangkaian acara yang sudah terlaksana untuk memperingati hari jadi atau hari ulang tahun kota Surabaya yang ke – 729 :

1. Surabaya Shopping Festival
Surabaya Shopping Festival merupakan agenda tahunan yang diadakan untuk memperingati hari jadi kota Surabaya. Pemerintah Kota Surabaya telah bekerja sama dengan Asosiasi Persatuan Pusat Belanja Indonesia (APPBI) yang menghasilkan 39 pusat perbelanjaan siap memberikan diskon secara besar – besaran untuk produk dari dalam maupun luar negeri. Agenda tahunan ini diadakan sepanjang bulan Mei mulai dari 1 Mei hingga 31 Mei 2022. Adapun mal – mal besar seperti Tunjungan Plaza, Grand City, Pakuwon Mall dan mal besar lainnya yang ada di kota Surabaya turut serta mengikuti festival ini.

2. Festival Rujak Uleg
Festival Rujak Uleg masuk dalam agenda yang paling ditunggu – tunggu masyarakat Surabaya. Setelah vakum selama dua tahun akibat dari pandemi, Festival Rujak Uleg kembali digelar pada 22 Mei 2022. Diselenggarakan di Jalan Kembang Jepun, festival ini diikuti oleh 700 lebih peserta dan juga melibatkan UMKM rujak cingur dan makanan serta minuman lainnya.  Dengan diadakannya Festival Rujak Uleg ini, Pemerintah Kota Surabaya berkeinginan untuk dapat memperkuat upaya pelestarian rujak cingur yang termasuk dalam salah satu Warisan Budaya Tak Benda (WBTB).

3. Surabaya Vaganza
Surabaya Vaganza 2022 dapat disebut sebagai puncak acara hari jadi Kota Surabaya yang ke – 729. Pada tahun 2022 ini Pawai Bunga dan Parade Budaya diselenggarakan di sepanjang Jalan Tunjungan hingga Alun – Alun Kota Surabaya pada tanggal 28 Mei 2022 pukul 15.00 WIB. Pawai Bunga terdiri dari peserta yang membawa mobil yang telah dihias menggunakan berbagai bunga segar, dan diikuti dari berbagai instansi seperti Diskominfo Surabaya, KBS, Pelindo, Polrestabes Surabaya, Polres Pelabuhan Tanjung Perak, PDAM Surya Sembada, dan lain-lain. Para Peserta membawa mobil yang sudah dihias dengan berbagai bunga segar. Lalu pawai budaya diisi oleh beragam komunitas dan Fashion Carnival serta melibatkan serta UMKM di Jalan Genteng Besar dan Tanjung Anom.

4. Istighosah bersama di Tugu Pahlawan
Acara istighosah bersama dalam memperingati hari jadi kota Surabaya yang ke-729 digelar di Lapangan Tugu Pahlawan pada Minggu, 29 Mei 2022. Istighosah ini dihadiri sekitar lima ribuan umat islam. Sejumlah ulama dan kiai turut hadir dalam acara yang diprakasai Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi ini. Istighosah bersama telah berlangsung sejak Wali Kota Tri Rismaharini sebagai agenda rutin peringatan Hari Jadi Kota Pahlawan.