Fungsi Kemasan dalam Strategi Marketing


Posted on 14-May-2022 by Admin



Kemasan atau packaging merupakan suatu tempat atau wadah yang dapat digunakan sebagai pembungkus suatu produk. Mulai dari makanan, minuman, kosmetik hingga obat-obatan menggunakan kemasan sebagai pembungkus produk. Penggunaan kemasan memiliki tujuan yaitu untuk melindungi dan menjaga produk agar tetap aman dan tidak terkontaminasi oleh debu, kotoran atau hal lainnya yang membuat produk jadi tidak bersih.

Selain sebagai pelindung produk yang ada didalam, kemasan memiliki fungsi lain pada segi marketing sebuah bisnis. Berikut beberapa fungsi kemasan sebagai strategi marketing sebuah produk :

  • Meningkatkan kredibilitas produk

Dalam kemasan atau label tercantum informasi detail sebuah produk seperti komposisi, kandungan gizi, tanggal kedaluwarsa, perusahaan yang memproduksi dan lain sebagainya. Kelengkapan informasi yang tertera pada kemasan akan meningkatkan kredibilitas produk. Hal ini juga dapat membuat customer akan merasa yakin dan tidak meragukan produk yang akan mereka beli.

  • Daya tarik bagi customer

Fungsi kemasan sebagai strategi marketing selanjutnya yaitu kemasan yang memiliki desain grafis yang unik dan eye catching akan menarik perhatian customer untuk sekedar melihat atau bahkan sampai membeli produk tersebut.

  • Membangun brand awareness

Dalam kemasan atau stiker label sebuah produk akan tercantum nama brand dan logo perusahaan yang memproduksinya. Hal tersebut dapat membuat customer lebih cepat dalam mengetahui dan mengenali produk melalui nama brand maupun logo yang tertera pada suatu kemasan. Jadi apabila terdapat produk sejenis yang menyerupai maka customer akan lebih mudah membedakannya dengan melihat logo yang terdapat dalam kemasan.


Comments (0)
Leave a Comment: