//tes

7 Makanan Favorit Hari Raya Idul Adha


Posted on 04-Aug-2020 by Admin



Seluruh umat muslim di dunia merayakan Idul Adha sebagai puncak ibadah haji. Momen ini diperingati dengan salat ied dan penyembelihan hewan kurban, dapat berupa kambing, domba, sapi atau unta.

Pekan depan, kamu akan memiliki persediaan daging. Bingung hanya masak itu-itu saja? Yuk variasikan masakanmu!

  1. Gule atau Gulai

Namanya mirip tapi berbeda racikan bumbunya. Gule merupakan nama yang familiar di Jawa, sedangkan gulai berasal dari Sumatera. Gulai yang mempunyai unsur masakan India dimasak dalam kuah berempah dengan citarasa gurih. Tidak segurih gulai, kuah gule lebih cair dan tidak terlalu kental. Gule lebih cenderung menggunakan santan encer dan kaldu daging kambing. 

Kamu lebih suka mana, nih? Kedua makanan tersebut tetap enak dengan ciri khas daerah masing-masing.

  1. Rendang

Daging rendang memang favorit dan terkenal kelezatannya, tak hanya saat Idul Adha saja. Bahkan rendang dinobatkan sebagai makanan paling enak di dunia, lho! Rendang bisa menggunakan daging sapi atau kambing. Saat kamu menggunakan daging kambing pastikan mengolahnya dengan baik, supaya tidak meninggalkan rasa amis.

  1. Sate

Siapa sih yang gak tahu sate? Makanan ini sering banget kita jumpai di sepanjang jalan. Sate merupakan cara mengolah daging yang sederhana tapi sungguh nikmat. Saus sate yang paling umum digunakan adalah bumbu kacang dan kecap manis. 

Makanan ini pasti mudah banget, kan untuk dimasak di rumah? Perlu diingat, pastikan kamu membakarnya sate hingga matang. Sate daging kambing atau sapi yang kurang matang beresiko membawa penyakit Toxoplasmosis.

  1. Bakso

Makanan ini tak kalah menggodanya untuk dimasak saat Idul Adha. Variasinya pun banyak, kamu bisa menyesuaikan sesuai selera. Cara membuat bakso yang lezat dengan kuahnya yang segar dan gurih tidaklah sulit. Disajikan selagi hangat, terutama dicampur mie atau bihun, taoge, tahu, siomay dan lain-lain. Sungguh makanan yang nikmat banget! 

  1. Kambing Oven

Sangatlah beruntung kalau kamu yang punya oven di rumah. Masakan khas Mesir ini membuat hidangan khas Idul Adha sungguh nikmat. Masakan ini biasanya menggunakan bagian paha kambing yang cepat empuk bila dimasak.

Cara masaknya mudah kok! Oleskan bumbu pada permukaan kambing sampai rata. Panggang dalam oven bersuhu 200 derajat Celsius selama 45 menit atau sampai matang. Tanda daging sudah matang yakni mudah ditusuk dengan garpu.

  1. Sop Buntut

Selain bakso, kamu bisa menikmati hidangan berkuah seperti sop buntut. Makanan dari olahan daging buntut sapi memang menggiurkan dan nikmat. Tentunya makanan ini lebih sehat karena dilengkapi berbagai macam sayuran dan rempah-rempah. Daging empuk dalam kuah kaldu sapi bening bersama irisan kentang, wortel, tomat, daun bawang, seledri, dan taburan bawang goreng

  1. Tengkleng

Tak banyak orang suka makanan khas Solo ini. Makanan ini seperti gulai kambing, namun kuahnya lebih encer. Tengkleng merupakan perpaduan mantap antara tulang, daging, dan jeroan dengan bumbu khusus. Aroma rempahnya sangat kuat dan membuat nafsu makanmu meningkat dengan seketika. Tengkleng biasanya di sajikan selagi hangat bersama nasi atau sate.

Jadi lapar, ya? Sabar, Idul Adha tinggal beberapa hari lagi kok! Selamat menunaikan ibadah Idul Adha untuk kamu yang menjalankannya.


Leave a Comment: