Contoh Desain Kemasan Takoyaki Menarik

Desain Box Takoyaki: Kemasan Sekaligus Alat Branding yang Efektif

Posted on 08 Jul 2025

Contoh Desain Packaging Takoyaki Unik

 

Dalam persaingan bisnis kuliner yang kian sengit, terutama di segmen jajanan kaki lima dan makanan khas Jepang seperti takoyaki, desain kemasan kerap kali kurang mendapat perhatian. Padahal, kemasan takoyaki bukan hanya sekadar tempat untuk menyajikan makanan, melainkan juga media branding yang sangat efektif.

Artikel ini akan mengulas bagaimana desain kemasan takoyaki dapat meningkatkan daya tarik visual, memperkuat citra merek, dan mendorong penjualan melalui tampilan yang berkesan dan mudah diingat.


Mengapa Desain Kemasan Takoyaki yang Menarik Penting?

Coba bayangkan dua scenario berbeda, Takoyaki yang di sajikan menggunakan box atau kemasan yang asal-asalan dengan Takoyaki yang disajikan dalam box atau kemasan yang proper dengan ilustrasi yang menarik.

Meskipun hanya sebatas street food, Takoyaki yang proper dengan kemasan yang menarik pasti lebih dilirik oleh pelanggan karena memberikan kesan yang higienis, professional, dan tidak terlihat murahan.


Apa Saja Elemen Penting dalam Desain Box Takoyaki

Saat mendesain kemasan Takoyaki, pasti ada komponen penting yang harus dipikirkan saat mendesain kemasan Takoyaki, mulai dari logo dan nama brand yang mudah dikenali, warna cerah yang dapat menarik perhatian dan menggugah selera, informasi penting seperti slogan dan mungkon kontak anda, kemudian terakhir dan tak kalah penting sudah pasti mascot gurita (Tako dalam Bahasa Jepang) yang dapat menjdai identitas bisnis Anda.


Strategi Branding Lewat Box Takoyaki

Desain kemasan Takoyaki bukan sekedar tampilan, namun juga sebuah strategi komunikasi visual dengan pelanggan. Berikut beberapa pendekatan branding yang bisa kamu coba:

  • Tradisional Jepang, dengan desain yang minimalis dan kaligrafi Kanji atau huruf-huruf jepang yang disertai dengan motif kayu atau bambu.
  • Modern & Fun, dengan warna-warna yang cerah dengan ilustrasi anime yang saat ini sedang tren dikalangan anak muda dan social media.
  • Tampilan Premium, dengan desain yang elegan dan penggunaan warna emas atau warna hitam dengan laminasi doff.

Tentukan segmentasi pasar Anda, lalu sesuaikan desain kemasan Takoyaki untuk memperkuat kesan yang ingin anda bangun.


Kemasan yang Menarik = Promosi Gratis dari Pelanggan

Salah satu keuntungan dari kemasan yang tidak asal-asalan, pelanggan akan menganggap bahwa produk anda mewah dan sangat profesional sehingga mereka mungkin bisa menjadikan prpoduk Anda sebagai oleh-oleh atau dibagikan pada saudara.

Hal ini akan menghasilkan promosi gratis baik dari mulut ke mulut, berbagi ke sosial media dan yang lainnya.


Dalam dunia F&B terutama di street food yang mungkin kemasan masih banyak diabaikan. Saat ini kemasan street food bukan hanya sekedar pelengkap namun juga bahan branding yang harus dimaksimalkan. Dengan desain yang menarik anda dapat memberikan kesan dan akan mudah diingat oleh pelanggan.

Maka dari itu, Apabila anda memiliki bisnis Takoyaki, mari ubah mindset bahwa kemasan hanyalah pelengkap produk anda, menjadi kemasan merupakan salah satu elemen penting untuk meningkatkan engagement, dan menarik pelanggan baru.

Sudah memutuskan desain kemasan Takoyaki yang menarik untuk Anda? Jika masih bingung Prima Print dapat membantu Anda mengambil keputusan yang tepat dalam mewujudkan kemasan Takoyaki yang menarik untuk Anda. Tunggu apa lagi? Hubungi sekarang juga dan wujudkan kemasan yang menarik untuk produk Takoyaki Anda!

0 Comments

Leave a Reply