Contoh Kartu Ucapan Hari Raya

Greeting Card Untuk Memberikan Perhatian Lebih pada Konsumen

Posted on 13 Nov 2025

Greeting card adalah alat efektif untuk memberikan perhatian lebih pada konsumen dengan sentuhan personal.

Di Eropa, praktik saling bertukar kartu ucapan berkembang dengan pesat, terutama pada hari Valentine. Salah satu kartu Valentine yang paling tua diketahui dibuat oleh Duke Charles dari Orléans.

Zaman modern greeting card atau kartu ucapan dimulai ketika Sir Henry Cole, seorang pejabat tinggi di Inggris, menciptakan kartu Natal pertama yang dijual secara komersial di London. Dengan kemajuan teknologi percetakan dan kemudahan layanan pos, kartu ucapan menjadi barang massal dan semakin terjangkau, hingga saat ini hadir dalam berbagai bentuk, tema, dan format, baik fisik maupun digital.

 

Tujuan Greeting Card

Dalam dunia bisnis, greeting card lebih dari sekadar hiasan. Ini berfungsi sebagai sarana komunikasi emosional yang menyampaikan pesan rasa terima kasih dan pengakuan langsung kepada pelanggan untuk:

Mengungkapkan rasa terima kasih atas pembelian atau kerjasama yang terjalin.

Membangun koneksi jangka panjang antara perusahaan dan konsumennya.

Memberikan sentuhan pribadi yang menunjukkan bahwa pelanggan dihargai tidak hanya sebagai pembeli, tetapi juga sebagai bagian penting dari perjalanan bisnis.

Meningkatkan reputasi dan kesetiaan terhadap merek, karena pelanggan umumnya akan mengingat perhatian kecil dengan tulus.

Dengan greeting card, perusahaan tidak hanya menyampaikan pesan bisnis, tetapi juga menciptakan emosi positif yang memperkuat hubungan dengan para konsumennya.

Bagian-Bagian Dari Greeting Card

Penerima: Bagian ini mencantumkan nama atau sapaan yang ditujukan kepada individu yang menerima kartu. Biasanya diletakkan di bagian atas kartu dengan pembuka seperti "Untuk," "Kepada," atau "Dear" sebelum menyebutkan nama penerima.

Isi: Ini adalah komponen utama dari kartu ucapan yang menyampaikan pesan, harapan, doa, atau ungkapan lain yang sesuai dengan kesempatan. Isi kartu sering kali bersifat pribadi dan bisa mencakup kutipan, ilustrasi, atau kata-kata penyemangat yang bisa menghibur hati penerima.

Pengirim: Bagian ini berisi nama, inisial, atau tanda tangan orang yang mengirim kartu, umumnya terletak di bagian bawah kartu. Dapat menggunakan ungkapan seperti "Dari," "Salam hormat," atau "Salam baik" untuk menambahkan nuansa personal dan formal.

Ketiga elemen ini menyusun kerangka dasar kartu ucapan yang memungkinkan penyampaian pesan serta memberikan nilai emosional dan keunikan estetika kepada penerima.

6 Jenis Greeting Card untuk Rekan Bisnis Anda

Welcome Card

Kartu ucapan yang dapat diberikan kepada pelanggan saat baru pertama kali menggunakan jasa atau membeli barang kita, tujuan dari memberikan welcome card ini adalah memberikan pelanggan perasaan dihargai untuk membangun loyalitas mereka.

Appreciation Card

Kartu ucapan yang diberikan kepada konsumen atau pelanggan yang telah berkontribusi secara besar, atau rekan bisnis yang sudah lama bekerja sama, appreciation card bisa di sisipkan saat memberikan hadiah.

Holiday Card

Kartu dengan ucapan selamat saat ada hari raya tertentu, misal kartu ucapan hari natal, kartu ucapan idul fitri atau event besar lain. Brand Anda akan terlihat merangkul dan memiliki suasana yang hangat.

Thank You Card

Thank you card adalah sebuah kartu dengan ucapan yang ditujukan untuk menyampaikan rasa terima kasih atas bantuan, hadiah, atau kehadiran di suatu acara.

Special Offerr Card

Kartu yang berisi ucapan sekaligus penawaran khusus atau diskon ekslusif untuk konsumen tertentu, dengan harapan akan meningkatkan penjualan sekaligus kedekatan dengan konsumen.

Special Offerr Card

Kartu yang berisi ucapan sekaligus penawaran khusus atau diskon ekslusif untuk konsumen

 

Contoh Greeting Card dari Prima Print

Kartu ucapan untuk Hari Raya Idul Fitri yang digunakan oleh brand Cookies Box.

Contoh Kartu Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri

Desain ini menggambarkan bagaimana kartu ucapan bisa disajikan dengan cara yang profesional namun tetap hangat.
Kartu ini menyajikan:
Tema Islami dengan gambar kubah dan bulan sabit, yang menciptakan suasana Idul Fitri.
Pesan singkat dan penuh kesopanan: “Selamat Hari Raya Idul Fitri. Mohon Maaf Lahir dan Batin”, yang selalu relevan dan menyentuh.
Warna yang cerah dan kontras lembut yang memberikan kesan hangat dan elegan, ideal untuk menyampaikan ucapan dari perusahaan kepada klien.
Contoh ini menunjukkan bahwa kartu ucapan untuk bisnis tidak harus terlihat kaku, tetapi dapat menjadi sarana yang bermakna untuk memperkuat hubungan baik dengan pelanggan, terutama pada saat perayaan penting seperti Idul Fitri.

Harga Cetak Greeting Card

Di Prima Print sendiri untuk harga cetak greeting card sangat murah, terutama apabila kuantiti yang diperlukan lebih dari 1000 pcs.

Misal anda ingin cetak sebuah greeting card untuk turut serta meramaikan event Natal dengan desain sederhana dan ukuran 6,5 cm x 10 cm bahan yang digunakan art paper 250 gsm tanpa laminasi dan tanpa finishing premium dengan kuantiti 1000 dikenakan harga Rp. 400 kalau misal kuantitinya lebih banyak lagi harganya bisa berkurang.

 

Greeting card adalah alat efektif untuk memberikan perhatian lebih pada konsumen dengan sentuhan personal. Dengan memahami fungsi, jenis, serta nilai emosional yang dibawa dalam sebuah greeting card.

Sangat jelas bahwa greeting card ini merupakan media sederhana yang memiliki peran besar dalam membangung hubungan baik dengan konsumen. Di tengah era digital yang segala sesuatunya berjalan dengan sangat pesat, kehadiran kartu ucapan fisik dapat menjadi simbol ketulusan terhadap konsumen.

Setiap greeting card yang Anda berikan, membawa pesan personal yang kuat dan profesional. Hubungi Admin Prima Print sekarang untuk konsultasi desain dan pemesanan kartu ucapan yang istimewa dan memberikan arti lebih bagi pelanggan atau rekan bisnis Anda.

0 Comments

Leave a Reply