Corrugated Box Packaging Kurma

Strategi Branding Produk Kurma Lewat Desain Packaging Kurma Premium

Posted on 07 Oct 2025

Sesuai eksplorasi terkini, 77% konsumen akan tertarik dan beli saat melihat penampilan produk yang unik dan menarik. Bagi para pelaku usaha, desain packaging premium bisa jadi strategi branding produk yang sangat efektif. Seperti pada packaging kurma premium di bawah ini, berikut pembahasan terkaitnya.

Kemasan Kurma dengan Corrugated Box

 

Elemen Desain Kemasan Kurma yang Efektif untuk Branding

Elemen desain sangat diperlukan sebagai alat komunikasi visual, antara produk dengan konsumen, perpaduan warna dan tulisan yang cocok akan menghasilkan pesan yang

  • Kumpulan warna. Jika produknya kurma, warna-warna hangat dan warna bumi sangat cocok digunakan, warna cokelat, oranye, krem, dan tambahan emas juga bisa memvisualkan gurun pasir, panasnya matahari, yang membuat produknya natural juga premium.
  • Jenis Huruf. Pilihan huruf juga bisa membedakan persepsi, jenis klasik, script, dan serif akan menambah kesan elegan, suasana mewah dan tradisional.
  • Logo. Bentuk yang kuat dan mudah diingat akan sangat membantu, Anda bisa menggunakan ikon pohon palem, bulan sabit, atau elemen yang berbau Timur Tengah.
  • Fotografi. Gambar kurma yang kualitasnya baik, tidak pecah akan menambah ketertarikan selera konsumen. Dengan detail, tekstur, dan warna kurma pada gambar packaging akan menarik minat beli konsumen karena tergiur gambarnya yang visual.

Bahan & Bentuk Kemasan sebagai Bagian dari Citra Brand

Tampilan pemandangan packaging harus nyaman juga saat kemasan digenggam.

  • Bahan kemasan. Packaging berbahan hard box terasa kaku namun jauh lebih mewah, daripada plastik tipis. Bahan seperti corrugated box juga bisa memberikan kesan kuat, aman dan natural.
  • Bentuk, fitur. Packaging berbahan hard box terasa kaku namun jauh lebih mewah, daripada plastik tipis. Bahan seperti corrugated box juga bisa memberikan kesan kuat, aman dan natural.

Kemasan Kurma sebagai Media Storytelling Brand

Storytelling adalah seni menggunakan narasi untuk menghubungkan merek Anda dengan konsumen pada tingkat emosional. Daripada hanya memberikan fakta Kurma Ajwa Asli, storytelling membantu memberikan kisah yang menggugah perasaan, membangun kepercayaan, dan menciptakan identitas yang tak terlupakan. Untuk produk sekaya kurma yang banyak nilai sejarah, budaya, dan spiritual, storytell menjadi sangat relevan dan efektif.

Storytell biasanya berisikan:

  • Asal produknya, bisa dari perkebunan kurma, dan apa yang membuatnya spesial.
  • Nilai merek, apa misi perusahaan, misalnya menyajikan kurma kualitas terbaik untuk momen keluarga.
  • Nama merek, misal namnya Juragan Kurma Indonesia, sudah menceritakan mereknya sebagai pakar dan penyedia kurma terpercaya di Indunesia.

Konsistensi Kemasan di Berbagai Ukuran & Jenis Produk

Jika merek Anda mempunyai varian produk, misalnya jenis kurma yang berbeda atau produk turunan seperti sari kurma, menjaga konsistensi desain adalah sebuah keharusan. Gunakan logo, palet warna, dan tipografi yang sama di semua lini produk, supaya memudahkan konsumen. Contoh:

  • Pada kemasan kecil misalnya sachet kopi, ruang sangat terbatas. Prioritaskan informasi paling penting: Logo, Nama Varian, dan Berat Bersih. Desain harus sangat sederhana.
  • Pada kemasan sedang misalnya, kotak teh isi 25 kantong, ada lebih banyak ruang. Anda bisa menambahkan deskripsi singkat, cara penyajian, atau keunggulan produk.
  • Pada kemasan besar misalnya, kantong keripik 500gr, Anda memiliki kanvas yang luas. Anda bisa menambahkan storytelling, informasi nutrisi yang lebih detail, atau visual yang lebih menarik tanpa membuat kemasan terlihat penuh dan ramai.

Contoh Kemasan Kurma dengan Corrugated Box

Pada contoh gambar packaging Juragan Kurma di atas, dengan bahan corrugated box yang memberikan kesan kokoh dan protektif, desainnya bersih dan terstruktur, area putih menjadi tempat logo dan merek menjadi jelas. Palet warna yang digunakan juga cocok dengan suasana hangat alami sesuai kurmanya. Logo pohon palem ditempatkan dengan pas dan mudah diingat. Gambar ilustrasi kurma yang menggugah selera menjadikan packaging kemasan kurma ini profesional, terpercaya dan berkualitas premium.

 

Dengan memperhatikan elemen desain, bahan, bentuk, storytelling, dan konsistensi visual, kemasan dapat meningkatkan citra brand sekaligus memperkuat posisi produk di pasar. Contoh kemasan corrugated box Juragan Kurma Indonesia menunjukkan bagaimana desain sederhana namun efektif dapat membangun persepsi premium di benak konsumen.

Demi memastikan kemasan Anda terasa kokoh dan berkualitas, Prima Print hadir sebagai rekan tepercaya yang akan membantu Anda memilih material terbaik, dari art carton hingga corrugated box, untuk melindungi dan mengangkat citra produk Anda. Tunggu apa lagi? Yuk hubungi Admin Prima Print sekarang juga!

0 Comments

Leave a Reply