Jasa Terbaik untuk Custom Packaging Berkualitas
13 Mar 2025
Packaging skincare menjadi kunci utama dalam produk kecantikan Anda bisa laris dipasaran. Kemasan bukan hanya sekedar pembungkus produk skincare, namun juga memiliki fungsi dalam segi marketing. Kemasan skincare yang eye catching dapat menari perhtian konsumen untuk membeli produk skincare Anda.
Inovasi yang terus berkembang dalam desain, material, serta fungsional pada kemasan skincare, menjadikan kemasan sebagai salah satu penilaian pelanggan dalam menilai suatu produk. Terutama di dunia kecantikan yang saat ini sedang sangat tingginya persaingan, kemasan yang unik, elegan, fungsional dan ramah lingkungan menjadi nilai lebih di mata konsumen.
Mari kita telusuri lebih lanjut mengenai kemasan skincare! Bagaimana kemasan skincare menjadi lebih dari sekedar bungkus namun juga menjadi kebutuhan suatu produk yang penting dalam dunia kecantikan.
Kemasan skincare memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kualitas dan keamanan produk, serta memberikan kesan yang melekat bagi konsumen. Berikut beberapa alasan mengapa packaging sangatlah penting dalam industri skincare:
Packaging skincare yang baik dapat melindungi produk skincare dari kontaminasi eksternal, baik dari udara, bakteri, atau bahkan cahaya. Kontaminasi dapat mengurangi efektivitas produk dan mengurangi umur penyimpanan suatu produk.
Kemasan yang tepat akan membantu dalam mempertahankan kualitas dari beberapa bahan aktif pada produk skincare. Beberapa bahan aktif dalam produk skincare dapat tidak stabil atau bahkan menghilangkan kadar aktif dalam suatu produk. Hal ini akan menyebabkan produk menjadi kurang efektif atau bahkan tidak layak digunakan.
Desain kemasan yang baik tidak hanya melindungi produk, namun juga kemudahan dalam penggunaanya. Desain yang ergonomis dan praktis dapat meningkatkan pengalaman pengguna dan dapat membuat penggunaan produk lebih efisien. Seperti misalnya, botol pompa yang memungkinkan konsumen mengeluarkan suatu produk dengan presisi tanpa menumpahkan produk terlalu banyak.
Packaging atau kemasan merupakan cara paling efektif yang efektif untuk komunikasi dengan konsumen mengenai branding produk Anda. Desain yang menarik dan eye catching dapat membantu produk skincare membedakan diri dari kompetitor, membangun branding yang kuat dan menjadikan produk kita lebih diingat oleh konsumen. Seperti pada gambar di atas, kemasan yang menarik dapat memberikan kesan yang berbeda sehingga dapat menarik perhatian konsumen.
Skincare hadir dengan beberapa jenis kemasan yang sesuai dengan kebutuhan dan beberapa preferensi pengguna. Beberapa jenis kemasan skincare yang umum digunakan sampai saat ini adalah sebagai beriku:
Botol merupakan salah satu bentuk packaging yang paling umum digunakan untuk suatu produk skincare yang berupa cair seperti serum, minyak wajah atau toner. Botol ini biasanya terbuat dari plastik yang tebal atau kaca dengan warna yang gelap dan disertai dengan pipet untuk mempermudah penggunaan.
Packaging tabung adalah pilihan yang sangat popular untuk produk yang berupa krim atau gel. Tabung ini biasanya terbuat dari plastik atau logam yang biasanya disertai dengan tutup yang mudah dilepas atau dipasang untuk memudahkan penggunaan dan tanpa merusak packaging.
Kemasan dengan jenis pot ini sering digunakan untuk produk yang memiliki tekstur kental seperti misal kemasan krim malam, atau lulur. Packaging ini biasanya terbuat dari plastik atau kacadan juga dilengkapi dengan tutup yang mudah dibuka tutup untuk kenyamanan konsumen dalam penggunaan produk.
Kemasan Pump ini biasanya digunakan untuk produk dengan bentuk cairan atau semi cair, seperti water cleaner ataupun lotion. Dengan penggunaan ini dosis yang nantinya akan digunakan dapat diatur dengan mudah dan lebih higienis dibandingkan dengan menggunakan botol.
Material yang digunakan untuk kemasan skincare haruslah dipilih dengan hati-hati untuk memastikan keamanan suatu produk serta dampak lingkungan yang minimal. Beberapa material yang paling seringa tau umum digunakan untuk kemasan skincare adalah sebagai berikut:
Plastik sendiri merupakan material yang paling umum digunakan sebagai bahan dasar packaging skincare. Hal ini dikarenakan harganya yang relative murah, ringan serta tahan akan benturan yang menjadikan plastik tidak mudah pecah dibandingkan kaca. Namun, sebagai pemiliki bisnis anda perlu memperhatikan lebih lanjut mengenai penggunaan plastik mengingat plastik sangat berdampak terhadap lingkungan dan juga plastik sulit untuk didaur ulang. Hal ini akan berdampak terhadap branding produk Anda juga.
Kaca merupakan pilihan yang bagus, karena kaca sangat mudah untuk didaur ulang tanpa mengurangi kualitas packaging. Selain itu, kaca juga tidak bereaksi dengan bahan kimia yang ada didalam suatu produk skincare, sehingga kualitas produk akan tetap terjaga.
Alumunium dapat menjadi pilihan yang sangat baik untuk packaging produk skincare yang sangat rentan terhadap oksidasi karena perlindungan yang baik terhadap cahaya dan udara. Selain itu, alumunium juga dapat didaur ulang secara efisien, sama halnya dengan packaging dengan material dasar kaca.
Karton merupakan alternatif tambahan untuk kemasan sekunder yang ramah lingkungan, kemasan sekunder disini sama halnya seperti kotak produk atau kemasan luar produk. Kertas atau Karton yang didaur ulang atau memiliki sertifikasi FSC dapat mengurangi jejak karbon suatu produk dan ikut andil dalam menjaga lingkungan.
Proses pembuatan packaging skincare meliputi beberapa tahapan yang perlu dilakukan untuk menciptakan sebuah kemasan yang tidak hanya unik, namun juga fungsional, aman, dan nyaman. Dibawah ini merupakan langkah-langkah yang dilakukan dalam proses pembuatan packaging skincare:
Langkah awal dalam pembuatan packaging skincare pastilah dimulai dari proses merancang kemasan yang estetis dan sesuai dengan branding identitas merek. Desain packaging harus mempertimbangkan bentuk, warna, kegunaan, estetika, dan daya tarik secara visual kemasan suatu produk.
Setelah desain kemasan ditentukan, tahap berikutnya adalah tahap memilih bahan sesuai dengan desain yang telah ditentukan baik dari segi keamanan kemasan, keberlanjutan, ataupun biaya yang diperlukan. Material disini dapat bermacam-macammulai dari plastik, kaca, alumunium, atau kertas ramah lingkungan.
Setelah desain dan material kemasan ditentukan, waktunya mnuju ke tahap produksi menggunakan teknologi modern. Seperti misalnya menggunakan cetakan plastik, glass-blowing (pengecoran kaca), cetak offset untuk kemasan sekundernya, atau teknologi modern yang lain. Hal ini tergantung dari desain serta material yang akan digunakan.
Setelah produksi berhasil dilakukan maka aka nada proses pengujian kualitas. Hal ini perlu dilakukan untuk memastikan kekuatan, ketahanan, keamanan, serta fungsionalitas suattu kemasan. Pengujian ini dapat berupa pengujian ketahanan terhadap resiko kebocoran, ketahanan terhadap tekanan, serta reaksi terhadap bahan kimia skincare.
Setelah lolos pengujian kualitas, produk skincare akan dikemas ke dalam kemasan yang telah dipersiapkan dalam kondisi yang steril. Langkah sterilisasi ini bertujuan untuk memastikan produk tetap higienis dan memastikan produk aman selama distribusi.
Dengan memahami pentingnya suatu packaging pada industri skincare, mulai dari variasi desain, material, serta langkah-langkah dalam pembuatannya. Anda sebagai seorang produsen dapat menghasilkan sebuah kemasan yang aman, eye catching, serta efektif untuk branding produk skincare.
Apabila Anda membutuhkan packaging sekunder atau packaging berbahan kertas untuk menambahkan kesan yang lebih mewah, elegan, dan eye catching. Anda dapat menghubungi prima print, kami telah menggunakan teknologi percetakan modern yang memungkinkan packaging custom yang akan dicetak sesuai dengan desain yang telah dibuat.
Jadi jangan ragu untuk menghubungi Prima Print untuk mewujudkan kemasan skincare yang mewah,elegan, estetik, serta eye catching.
0 Comments