Posted on 05 Nov 2025
Saat ini bisnis makanan ringan setiap tahun kian meningkat, hal ini kemungkinan besar dipengaruhi oleh gaya hidup masyarakat yang semakin dinamis, pasar yang semakin terbuka, dan juga munculnya inovasi-inovasi baru yang menarik untuk dicoba.
Namun berbagai makanan ringan yang awalnya hanya tampil sederhana mulai tampil lebih professional dengan kemasan yang lebih eyecathcing, seperti mie lidi yang biasanya hanya dibungkus plastik ditambah kemasan sekunder yang berbahan dasar kertas yang menjadikannya lebih menarik secara tampilan dan juga lebih higienis.
Apabila Anda memiliki sebuah ide untuk bisnis makanan ringan, salah satu hal yang perlu Anda perhatikan adalah segi harga cetak kemasannya. Untuk itu simak artikel ini lebih detail, kita akan membahas terkait harga cetak salah satu brand makanan ringan yang sudah bertahan puluhan tahun, Tango.

Peran Kemasan Tango Sebagai Salah Satu Komponen Branding
Saat kita berbicara seputar Tango pasti terbesit dalam benak kita warna biru dengan logo Tango yang berwarna merah. Fenomena ini tercipta karena kemasannya yang kuat secara visual. Meski setiap varian mempunyai warna yang berbeda-beda namun kemasan yang paling berkesan adalah varian Vanilla dengan warna birunya.
Bagi Anda yang memiliki rencana membangun bisnis makanan ringan, Tango bisa Anda jadikan pembelajaran terkait membangun identitas brand lewat kemasan, pemilihan bahan dan berntuk kemasan yang memberikan fungsi utama namun masih menonjolkan kesan premium dibaliknya, serta yang paling penting adalah konsistensi kemasan Anda agar lebih mudah diingat konsumen.
Tips Agar Kemasan Makanan Ringan Anda Tampak Profesional
Kemasan yang tampil menarik saja masih belum cukup untuk meyakinkan konsumen terhadap produk kita, namun juga perlu untuk memberikan kesan yang berkualitas. Produk dengan pengemasan yang profesional lebih potensial untuk terjual dibandingkan kemasan yang asal-asalan.
Untuk memaksimalkan tampilan tanpa membebani biaya produksi, usahakan kemasan tampil bersih, konsisten, dan dapat memikat konsumen. Gunakan warna yang cerah yang mewakili rasa produk, gunakan foto asli makanan yang proper, dan maksimalkan elemen branding lain seperti logo dan font yang digunakan.
Pilih bahan yang kokoh namun murah seperti kertas Duplex, dengan sentuhan finishing agar tampilan luar lebih profesional, seperti laminasi, UV Varnish, emboss, dan spot UV untuk menonjolkan bagian-bagian tertentu.
Dengan perpaduan yang rapi dan bahan yang solid, kemasan Anda tidak hanya sekedar melindungi produk dari kerusakan, namun juga menciptakan kesan profesional pada mata konsumen.
Perkiraan Harga Cetak Dus Tango 130 g
Untuk memberikan gambaran yang lebih nyata mengenai harga cetak kemasan Tango 130g, yang memiliki ukuran 22 cm x 7,8 cm x 3,5 cm dengan desain box sederhana dan menggunakan finishing spot UV + Emboss untuk menonjolkan bagian-bagian tertentu.
Desain box sederhana wafer Tango memiliki ukuran 22 x 7,8 x 3,5 setelah layouting dalam satu persegi panjang menjadi 28 cm x 30 cm dan kalau misal diimplementasikan pada kertas duplex dengan ukuran 109 cm x 79 cm dapat menjadi 9 buah, kemudian harga kertas duplex Rp. 2.700 per lembar dan per pieces jadinya Rp 300 per piecesnya.
Kemudian kemasan Tango ini juga menggunakan finishing uv varnish dengan tampilan matte serta Spot UV dan Emboss yang digunakan untuk menonjolkan bagian-bagian tertentu.
UV Varnish dan Spot UV dihitung secara keseluruhan luas permukaan kemasan, kemudian untuk Emboos biasanya dihitung luas bagian yang diemboss, namun karena bagian-bagiannya berdekatan maka penghitungan harganya juga dihitung berdasarkan luas permukaan.
Untuk luas permukaan kemasan Tango ini ada di 55.180 mm2, dan untuk harga UV Varnish dan Spot UV ada di angka Rp. 171 per pcsnya, untuk harga emboss dan ada di angka Rp. 450. Total untuk kemasan Tango per pcsnya ini ada di angka Rp 300 + Rp. 171 + Rp. 450 jadinya Rp. 921 sekitar 10% dari harga jual dari Tango kemasan 130 g.
Kemasan memiliki peran yang sangat penting dalam membangun citra dan nilai jual sebuah produk makanan ringan. Selain melindungi produk, kemasan juga menjadi media komunikasi visual yang mampu menarik perhatian konsumen dan memperkuat identitas brand.
Dengan memahami estimasi biaya produksi kemasan seperti contoh pada produk Tango, Anda bisa merencanakan strategi anggaran yang lebih efisien tanpa mengorbankan kualitas tampilan. Pastikan setiap elemen kemasan, mulai dari desain, bahan, hingga finishing dipertimbangkan dengan matang agar kemasan Anda tidak hanya fungsional, tetapi juga memiliki potensial yang lebih tinggi.
Jadi, jika Anda tengah merintis bisnis makanan ringan, jangan anggap remeh kekuatan kemasan. Kemasan yang profesional dan konsisten bukan sekadar pelindung, melainkan investasi jangka panjang untuk membangun kepercayaan dan loyalitas konsumen.