Bangun Branding Produk Anda Lewat Desain Stiker Logo yang Premium!

Posted on 03 Oct 2025

Pernahkah Anda melihat produk dengan packaging yang tidak menarik, namun setelah ditempeli stiker logo, seketika mengalami peningkatan, jadi lebih keren dan menarik. Itulah kenapa stiker logo bisa membangun branding Produk yang premium dan mewah.

Kali ini, kita akan membahas peran stiker logo dalam branding, unsur desain pada stiker yang perlu di perhatikan saat mendesain stiker, mulai dari jenis finishing cetak dan material cetak yang merupakan bagian dari branding, terakhir kita juga akan membahas salah satu contoh dari stiker logo, simak artikel berikut.

 

Peran Stiker Logo

  1. Membangun Kesadaran Merek: memperkuat identitas merek. Sentuhan dan fitur uniknya akan membuat merek Anda lebih mudah dikenali dan diingat. Stiker logo yang unik selain membedakan, menciptakan emosi konsumen yang mendalam. Ketika konsumen melihat seperti apa stiker logo Anda, mereka akan mengingat nama di baliknya. Ini adalah strategi pemasaran yang efektif dan dipahami dengan baik.
  2. Perlindungan dan Peningkatan Durabilitas Selain branding, stiker logo apalagi yang bertekstur sering dirancang untuk memberikan perlindungan tambahan. Bahan yang digunakan umumnya lebih kuat dan tahan lama. Menjaga logo tetap terlihat bagus meskipun produk digunakan di lingkungan yang keras. Stiker ini tidak mudah pudar atau mengelupas. Melindungi Permukaan Produk Lapisan tebal pada stiker bertekstur dapat berfungsi sebagai pelindung fisik untuk permukaan produk di bawahnya. Ini mencegah goresan atau kerusakan kecil pada area di mana stiker ditempelkan.
  3. Selain branding dan visual, stiker logo dapat digunakan sebagai label keamanan karena daya tahannya. Jika tandanya rusak, berarti produk telah dibuka atau rusak, menampilkan informasi bermanfaat, seperti nomor seri, kode QR, atau petunjuk penggunaan.

Unsur Desain Stiker Logo

Membuat stiker logo agar terlihat premium adalah dengan fokus pada elemen yang digunakan dan kesederhanaannya, tidak mencolok apalagi ramai.

  1. Tipografi atau jenis huruf yang akan dipilih akan mewakili karakter dari brand Anda. Huruf yang minimalis dan clean, misalnya sans-serif atau yang elegan script biasanya memberikan kesan mewah.
  2. Palet warna dengan kombinasi gelap seperti hitam, biru dongker ditambah warna metalik seperti emas, perak, rose gold juga akan memberikan kesan kemewahan.
  3. Layout diberi ruang kosong dan menghindari desain yang terlalu padat yang akan terlihat murah dan tidak efektif, lebih fokuskan untuk nama merek dan tagline maupun akun media sosial.

Finishing Stiker Logo

Finishing adalah bagian akhir yang dilakukan saat stiker telah selesai dicetak. Berikut beberapa jenis finishing yang dapat diimplementasikan untuk stiker Anda:

1. Laminasi adalah proses memberi lapisan ke permukaan stiker menggunakan plastik tipis yang fungsinya untuk melindungi stiker dari gesekan, air, juga sinar matahari.

2. Coating UV adalah proses melapisi stiker dengan lapisan UV yang melindungi dari sinar matahari dan memberikan warna yang tahan lama.

3. Cutting adalah proses memotong stiker sesuai bentuk yang dibutuhkan. Ada die cut dengan potongan stiker yang kompleks dan detail sesuai bentukannya, dan ada teknik kiss cut yang hanya memotong lapisan atas stiker, untuk memudahkan stiker dilepas dari backing paper.

 

Contoh Stiker Logo

Pada contoh produk Sumpia Ebi dari Toetje Bakery menawarkan iklan yang sangat baik dengan nama brand mereka sebagai identitas.

Warnanya yang kuat, ikonik menciptakan logo yang indah dan orang-orang langsung melihatnya.

Font yang digunakan sangat indah, pada kata Toetje, yang menambahkan kesan mahal dan mewah.

Bahan stiker kertas bontax chromo dengan laminasi doff yang ekonomis namun tidak menghilangkan kesan mahal dan mewah.

Cocok untuk pengemasan: Kemasannya terbuat dari kotak plastik transparan, dengan tambahan stiker logo yang menawan.

Warna biru tua dan hot print emas yang dominan, menambah daya tarik pada pandangan pertama.

Dengan menggunakan finishing foil emas, efeknya menambah kesan logo yang mewah dan menarik.

Tipografi yang jelas, menggunakan font yang sederhana jelas mengenalkan logo produk.

Sesuai dengan kemasan, meskipun hanya sekedar menggunakan toples plastik namun pemberian stiker akan, menambah kesan yang menarik.

Toetje Bakery membangun persepsi brand premium dimata konsumen, bukan hanya sebuah toko roti yang biasa saja.

 

Demikian pembahasan tentang stiker logo, untuk branding produk makanan ringan. Dengan desain yang tepat, pemilihan warna yang mendukung citra brand, serta finishing dan material yang berkualitas, produk sederhana bisa tampil premium dan mewah. Gimana caranya bikin produk Anda terlihat lebih profesional dimata konsumen Anda?

Jawabannya, stiker logo!

Wujudkan sentuhan premium itu, bersama Prima Print, kami bisa jadi teman diskusi yang pas untuk membantu memilih finishing yang digunakan, dari gold foil sampai spot UV, yang paling cocok untuk merek Anda.

Tunggu apa lagi? Hubungi Admin Prima Print sekarang juga dan dapatkan berbagai penawaran terbaik untuk Anda!

0 Comments

Leave a Reply