Posted on 16 May 2025
Bisnis kuliner saat ini terus berkembang seriring dengan meningkatnya daya beli masyarakat. Namun untuk mempertahankan bisnis kuliner yang sudah berjalan ada banyak faktor yang menjadi penentu bertahannya suatu bisnis kuliner.
Salah satunya dalam bisnis roti bakar yang sedang ramai di kota-kota besar seperti Surabaya, inovasi kemasan yang unik, menarik, dan tentunya menampilkan kesan yang higienis dapat menjadi penunjang dalam bertahannya suatu bisnis roti bakar.
Gambar 1 Kemasan Roti Bakar Unik
Gambar 2 Kemasan Roti Bakar Biasa
Kemasan roti bakar yang unik apalagi higienis akan lebih dipilih oleh pelanggan, coba perhatikan 2 gambar sebelumnya, dari kedua roti kemasan manakan yang mungkin akan menarik perhatian anda. Pasti kemasan yang Gambar 1 yang akan anda pilih, hal ini dikarenakan desain yang menarik dibandingkan kemasan sebelah kanan. Selain itu pasti konsumen lebih mempercayai kehigienisan kemasan pada Gambar pertama.
Kemasan selain sebagai pembungkus roti bakar, namaun juga sebuah alat marketing tak langsung yang dapat menarik konsumen baru atau bahkan mempertahanka konsumen lama.
Karakteristik Desain Kemasan yang Kekinian
Tren desain kemasan akan selalu terus berkembang, diikuti dengan selera pasar dan target konsumen yang selalu berubah setiap waktunya. Berikut beberapa ciri khas yang dapat diterapkan pada desain kemasan roti bakar agar terlihat lebih kekinian:
1. Minimalis Tapi Menarik
Desain yang minimalis dengan sedikit elemen yang digunakan namun tetap mencolo dengan menekankan pada warna, font, serta tata letak layout dapat menjadi pengaruh yang sangat besar, seperti misal kalua terlalu ramai nanti malah kelihatan absurd dan mengurangi daya tarik kemasan itu sendiri.
2. Warna Pastel dan Cerah
Penggunaan warna-warna pastel yang cerah sekarang banyak digandrungi oleh banyak kalangan. Hal ini dikarenakan tampak menyegarkan, menenangkan, serta sesuai dengan desain yang minimalis.
3. Ilustrasi dan Tipografi Playful
Penggunaan gambar karakter yang lucu, seperti kartun atau mungkni mascot pribadi serta penggunakan tulisan tangan yang lembut dapat memberikan kesan casual dan bersahabat dan akan menimbulkan ketertarikan bagi calon konsumen atau rasa nyaman bagi konsumen langganan Anda.
4. Bahan Ramah Lingkungan
Beberapa kalangan pemuda yang peduli lingkungan mungkin akan tertarik dengan bahan yang ramah lingkungan seperti kertas kraft, namun bahan ini harus diiringi dengan desain yang menarik juga, dengan menekankan bahwa produk kita juga menjaga kelanjutan hidup lingkungan serta desain yang minimalis.
Elemen Wajib yang Harus Hadir dalam Kemasan Roti Bakar Anda!
Kemasan roti bakar yang menarik dan fungsional memiliki beberapa elemen wajib yang harus diaplikasikan agar kemasan lebih fungsional dan menarik. Berikut beberapa elemen yang diperlukan agar kemasan tetap menarik dan fungsional:
1. Logo dan Nama Brand
Logo dan nama brand ini sudah pasti menjadi salah satu elemen yang sangat wajib ada di kemasan roti bakar, hal ini untuk meningkatkan brand awareness Anda. Apalagi kalau misal bisnis rooti bakar milik anda masih baru, elemen logo dan nama brand ini akan menjadi pengenal produk anda.
2. Varian Rasa
Varian Rasa ini sudah pasti menjadi elemen penting yang wajib ditambahkan juga untuk memberikan informasi rasa roti bakar konsumen. Seperti pembeda antara rasa keju, vanilla, coklat, ataupun matcha. Dengan adanya elemen ini kemasan akan lebih fungsional dan lebih informatif bagi konsumen Anda.
3. Tagline atau Pesan Unik
Tagline yang unik seperti kalimat yang lucu, pantun, kalimat motivasi atau jorgen bisnis anda dapat menjadi salah satu elemen yang dapat menarik perhatian sehingga produk lebih diingat oleh konsumen.
4. Media Sosial & Kode QR
Dengan menmbahkan media social dan kode QR dapat memberikan rasa dekat dengan konsumen dan konsumen juga dapat terhubung secara langsung dengan brand anda. Yang akan menjadikan brand Anda lebih diingat kembali.
Kemasan bukan sekadar pelindung roti bakar. Ia adalah bagian dari pengalaman konsumen, representasi dari identitas brand, dan alat pemasaran yang efektif. Di tengah persaingan bisnis kuliner yang ketat, kemasan yang unik, menarik, dan kekinian bisa menjadi pembeda utama antara kamu dan kompetitor.
Ingat, konsumen sekarang tidak hanya membeli makanan karena rasanya saja, tetapi juga karena pengalaman dan kesan visual yang mereka dapatkan. Jadi, jangan ragu untuk berinvestasi dalam desain kemasan yang menarik karena bisa jadi, itulah yang membuat konsumen memutuskan untuk membeli pertama kali dan kembali lagi di kemudian hari.