Posted on 23 Oct 2025
Bakpia Kukus Tugu Jogja adalah sebuah brand lokal ternama yang berada di bawah naungan PT Agrinersia Raya, dikenal karena inovasinya dalam mengangkat cita rasa Khas Yogyakarta melalui sentuhan yang modern.
Dengan mengusung konsep bakpia kukus lembut dengan isian yang lebih beragam, Bakpia Kukus Tugu Jogja berhasilkan menghadirkan pengalaman kuliner yang modern namun tetap mempertahankan nuansa tradisional pada setiap produknya.
Pada akhir Januari Bakpia Kukus Tugu Jogja menjalin kerja sama kolaborasi dengan salah satu franchise anime terbesar, yakni Doraemon. Kolaborasi ini bisa menjadi media promosi bagi Bakpia Kukus Tugu Jogja sekaligus mempromosikan makanan tradisional Indonesia di kancah Internasional.

Latar Belakang Kolaborasi
Kolaborasi Bakpia Kukus Tugu Jogja dengan Franchise Doraemon hadir bukan tanpa alasan. Tahun 2025 yang menandai 40 Tahun hubungan sister province antara Daerah Istimewa Yogyakarta dan Kyoto, yang telah terjalin sejak 1985 menjadi inspirasi lahirnya kolaborasi kue tradisional Indonesia ini dengan Franchise Anime terpopuler di semua kalangan.
Inovasi Rasa dan Nilai Tradisional
Sebagai bentuk penghormatan terhadap ikatan budaya antara Yogyakarta dan Kyoto, Bakpia Kukus Tugu Jogja mempersembahkan kue bakpia kukus dengan varian rasa matcha yang autentik dengan Kyoto sebagai penghasil matcha terbaik bahkan di Dunia.
Rasa Matcha sendiri tidak asal dipilih karena sekedar tren, namun merupakan sebuah simbol persahabatan dua budaya. Kelembutan bakpia kukus khas Yogyakarta yang berpadu sempurna dengan aroma dan cita rasa matcha, mencipataan sebuah harmoni yang merepresentasikan kehangatan dan keindahan dua budaya yang saling menghormati.
“Sebagai brand lokal, kami percaya bahwa inovasi adalah kunci untuk tetap relevan. Kolaborasi ini tidak hanya soal rasa, tetapi juga cerita budaya di baliknya,” ujar Nanang Siswanto, Marketing Director Bakpia Kukus Tugu Jogja.
Pesona Franchise Doraemon: Nostalgia dan Kedekatan Emosional
Franchise Doraemon hadir dalam kemasan Bakpia Kukus Tugu Jogja untuk memperkuat nuansa Jepang atas kerjasama Sister Province Yogyakarta dan Kyoto. Franchise Doraemon tidak hanya dipilih karena populer, Doraemon ini dipilih juga dikarenakan dengan dengan semua generasi.
Desain kemasan Doraemon ini menampilkan sentuhan visual dengan warna-warna lembut yang menggambarkan semangat persahabatan. Visual in menjadi daya tarik tersendiri, baik anak kecil, sampai orang dewasa yang tumbuh bersama Doraemon yang menumbuhkan rasa nostalgia saat menikmati camilan tradisional dengan sentuhan modern.
Strategi dan Tujuan Kolaborasi
Sejak awal berdiri, Bakpia Kukus Tugu Jogja telah dikenal sebagai brand yang mampu menjaga nilai tradisional dengan semangat yang inovatif. Kolaborasi dengan Franchise Doraemon menjadi bukti yang nyata bahwa kue tradisional bisa hadir dengan sentuhan modern tanpa kehilangan jati dirinya.
Bakpia Kukus sebagai ikon kuliner khas Yogyakarta yang menjadi simbol keramahan dan kebersamaan. Saat ini hadir dengan varian Matcha, sebuah cita rasa dalam bentuk yang lebih modern dan universal untuk menjangkau selera global tanpa meninggalkan nilai tradisional.
Antusiasme dan Penerimaan Publik
Peluncuran Bakpia Kukus Tugu Jogja varian Matcha dengan kemasan Doraemon pada Januari 2025 mendapat respon positif konsumen. Ratusan box terjual habis pada hari pertama di setiap toko resmi Bakpia Kukus Tugu Jogja. Pengunjung yang datang bukan hanya tertarik dengan varian rasa baru, namun juga penasaran dengan visual kemasan yang bertemakan karakter Doraemon.
Antusiasme publik ini menunjukkan bahwa inovasi berbasis budaya masih diminati banyak orang. Perpaduan kuliner tradisional dengan franchise besar mampu menciptakan pengalaman yang unik, sekaligus memperkuat posisi brand lokal di pasar modern.
Desain Kemasan Kolaborasi dengan Franchise Doraemon
Desain kemasan kolaborasi Bakpia Kukus Tugu Jogja dengan Franchise Doraemon terdapat 5 variasi. Kemasan dengan karakter Doraemon bertemakan warna dasar biru, kemasan dengan karakter nobita yang memiliki warna dasar kuning, kemasan dengan karakter shizuka dengan warna pink, kemasan dengan karakter Giant atau Takeshi dengan warna dasar oranye, dan kemasan karakter Suneo dengan warna dasar hijau.
Kemasan Bakpia Kolaborasi menggunakan kertas ivory dengan desain yang simpel menonjolkan setiap karakter masing-masing dengan memberikan spot UV pada bagian karakter, namun terdapat unsur khas batik pada detail kemasan yang juga membawa budaya lokal lebih dikenal.
Kolaborasi antara Bakpia Kukus Tugu Jogja dengan salah satu franchise anime paling populer di semua kalangan Doraemon bukanlah sekedar langkah inovatif dalam dunia kuliner, namun juga simbol keharmonisan budaya antara Indonesia dan Jepang.
Lewat varian Matcha dan desain kemasan ekslusif yang menampilkan karakter-karakter ikonik seperti Doraemon, Nobita, Shizuka, Giant atau Takeshi, dan Suneo membuktikan bahwa produk lokal mampu tampil modern dan menarik tanpa kehilangan identitas tradisionalnya.
Dari kolaborasi ini juga kita dapat melihat bahwa kemasan tidak lagi hanya sebagai bungkus atau wadah, namun kemasan juga merupakan media promosi yang merepresentasikan perpaduan dua budaya sekaligus meningkatkan daya tarik secara komersial.
Melalui perpaduan konsep desain, pemilihan material, serta sentuhan finishing menarik seperti Spot UV untuk menonjolkan karakter, kemasan kolaborasi ini berhasil menghadirkan kesan premium dan mewah.
Hal ini menjadi bukti bahwa kemasan yang dirancang dan dicetak secara tepat dapat meningkatkan nilai produk, memperkuat identitas brand, dan menciptakan pengalaman visual yang berkesan bagi konsumen.
Anda terinspirasi oleh kemasan eksklusif kolaborasi Bakpia Kukus Tugu Jogja dan ingin mengembangkan kemasan produk yang memiliki nilai estetika sekaligus meningkatkan nilai jual, Prima Print Hadir dan siap membantu mewujudkan kemasan produk Anda.
Bersama Prima Print, wujudkan kemasan profesional untuk produk Anda! Tunggu apa lagi? Hubungi Admin Prima Print sekarang juga dan dapatkan berbagai penawaran dengan harga terbaik.