Mengenal Cetak Packaging, Keunggulan
01 Jan 2024
Packaging makanan mampu mempengaruhi penjualan. Sehingga memilih packaging yang tepat untuk makanan yang Anda jual sangat penting.
Terlebih kini, tingkat kompetisi di dalam bisnis kuliner sangat tinggi. Maka dari itu, setiap pebisnis kuliner harus mencari cara agar bisa membuat produk kulinernya lebih menonjol dibandingkan produk sejenis.
Packaging yang terbaik adalah bagian dari strategi penjualan. Maka dari itu, carilah packaging yang tepat dan tidak membosankan. Agar pembeli banyak yang melirik.
Tidak sedikit pebisnis yang berasumsi bahwa bisnis kuliner hanya berlomba dalam cita rasa. Ya, asumsi tersebut memang benar. Namun, penting untuk diingat bahwa packaging juga bisa membawa pada kemenangan persaingan bisnis.
Itu artinya dalam bisnis kuliner saat ini, Anda tidak bisa hanya menjagokan citarasa. Ada beberapa aspek yang turut mempengaruhinya. Salah satunya adalah memilih packaging terbaik.
Memilih packaging tidak boleh asal, jika Anda tidak ingin kehilangan pelanggan. Meskipun hanya menarik secara visual tetapi packaging yang tepat bisa menarik banyak konsumen baru. Inilah beberapa kriteria packaging untuk makanan yang tepat:
Kriteria pertama yang harus diperhatikan dalam memilih packaging yaitu pastikan packaging tersebut terbuat dari bahan berkualitas. Misalnya, dus kemasan yang tidak mudah sobek.
Hal ini sangat penting, agar kualitas makanan terjaga. Sehingga tidak mengurangi cita rasa makanan tersebut.
Jangan sampai makanan menjadi basi setelah di tangan konsumen. Jangan salah, beberapa perilaku konsumen menyukai sebuah produk dari cara packaging nya. Sehingga harus benar-benar memilih packaging yang terbuat dari kualitas terbaik.
Packaging yang tepat membuat makanan terlihat enak. Sehingga Anda harus mencari packaging yang berbeda dari biasanya.
Pastikan packaging tersebut menggunakan kata-kata yang membuat konsumen tertarik untuk membelinya. Tidak lupa juga manjakan visual konsumen dengan warna-warna unik dan berbeda dari biasanya.
Meskipun hal ini terkesan sepele tetapi cukup berpengaruh terhadap penjualan. Contohnya Chocodot dari Garut, menggunakan kata-kata lucu dan desain unik. Sehingga banyak wisatawan yang membelinya.
Kriteria selanjutnya pada packaging yang tepat yaitu mencantumkan informasi gizi. Hal ini sangat penting agar konsumen mengetahui kandungan makanan tersebut.
Pastikan konsumen memilih produk yang tepat dan tidak membahayakan kesehatannya. Misalnya coklat yang mengandung 80 kalori gula. Sementara konsumennya penderita diabetes.
Adanya informasi gizi juga memberikan edukasi kepada konsumen untuk lebih teliti pada produk yang dibelinya. Tidak lupa juga untuk mencantumkan tanggal kadaluarsa pada makanan. Agar makanan tersebut aman dikonsumsi.
Saat ini banyak juga bisnis kuliner yang bekerjasama dengan ojek online untuk melayani pengantaran makanan secara online. Apabila jenis makanan yang dijual adalah kategori makanan basah, maka harus memilih packaging yang tidak cepat basi.
Pilihlah dus makanan yang tidak mudah basi. Misalnya dus yang dilapisi plastik tipis anti minyak serta lubang di sisinya untuk menjaga kestabilan udara dalam kemasan tersebut.
Saat ini dus seperti itu mudah dicari. Bahkan kini terdapat banyak bentuk dan desain. Sehingga Anda bisa memilih desain yang sesuai dengan preferensi Anda.
Kriteria terakhir yang harus Anda pertimbangkan bila ingin memilih kemasan yang tepat dan terbaik adalah kepraktisan dan mudah dibawa. Terlebih untuk jenis makanan yang biasa dikonsumsi anak sekolah.
Membawa makanan dengan packaging yang menarik adalah solusi bagi anak yang enggan membawa bento untuk bekal sekolah. Packaging yang praktis juga disukai oleh anak-anak agar bisa dimakan di mana saja tanpa kerepotan.
Packaging yang menarik merupakan bagian dari strategi bisnis, agar produk yang dijual laku di pasaran. Segera hubungi Admin Prima Print untuk konsultasi mengenai kemasan produk makanan anda dan dapatkan penawaran dan fasilitas menarik lainnya untuk packaging makanan di Prima Print.
0 Comments